Hypnobirthing, Persalinan yang Aman dan Nyaman

Jumat, Oktober 17, 2008


HYPNOBIRTHING
(Persalinan yang Aman dan Nyaman)

LATAR BELAKANG

Melahirkan memang proses alami dan menimbulkan rasa sakit. Sakit adalah fakta yang normal dan wajar. Yang tidak normal adalah apabila rasa sakit ini kemudian menghantui secara berlebihan sehingga berakibat stress dan tekanan pikiran. Akibatnya, rasa sakit semakin parah dan menyulitkan proses persalinan. Istilahnya Fear-Tension-Pain Syndrome, yaitu rasa sakit yang menimbulkan ketegangan atau kepanikan yang menyebabkan otot kaku dan sakit.

Ketakutan-ketakutan ini terjadi karena banyak faktor, misalnya faktor minim pengalaman karena merupakan persalinan pertama. Tetapi yang paling sering adalah karena faktor kurangnya informasi tentang cara mengatasi ketakutan dan dampak-dampaknya. Banyak dijumpai seorang wanita yang mengalami ketakutan yang berlebihan saat melahirkan sehingga berakibat berbagai macam dampak, seperti banyak wanita mengalami stress, depresi serta phobia dalam menghadapi persalinan.

Sebenarnya banyak cara untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan, tentunya cara-cara tersebut memiliki dampak yang berbeda-beda. Salah satu yang paling populer adalah dengan menggunakan metode Hypnobirthing yang merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan.

APAKAH HYPNOBIRTHING ITU ?

HypnoBirthing merupakan sebuah paradigma baru dalam pengajaran melahirkan secara alami. Teknik ini mudah dipelajari, melibatkan relaksasi yang mendalam, pola pernapasan lambat dan petunjuk cara melepaskan hormon endorfin dari dalam tubuh (relaksan alami tubuh) yang memungkinkan ibu hamil menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat dan tanpa proses pembedahan. Metode ini mengajarkan langsung ke dalam pikiran bawah sadarnya dengan sugesti dan dikombinasikan dengan gerakan fisik seperti usapan.

Tujuan dari terapi ini sudah jelas, yaitu mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran. Sindrom ini memicu tubuh mengalihkan darah dan oksigen dari organ pertahanan non esensial menuju kelompok otot besar di wilayah kaki dan tangan. Akibatnya, terjadi pengerasan otot atau kekakuan yang berdampak tidak lancarnya proses persalinan. Pemahaman ibu-ibu hamil terhadap konsep dan teknik yang diajarkan dalam Hypnobirthing sangatlah membantu mengatasi kendala tersebut karena ibu-ibu hamil akan dibekali keahlian mengatasi rasa sakit saat yang biasa muncul dalam proses persalinan.

METODE YANG DIGUNAKAN

Metode yang digunakan Hypnobirthing adalah pendekatan Subsconscious Communication dan Applied Hypnotherapy dengan materi-materi mencakup :

1. Relaksasi

HypnoBirthing mengeksplorasi mitos bahwa memang rasa sakit adalah hal yang wajar dan dibutuhkan saat melahirkan normal. Saat perempuan yang melahirkan terbebas dari rasa takut, otot-otot di tubuhnya termasuk otot rahim akan mengalami relaksasi, yang akan membuahkan proses kelahiran yang lebih mudah dan bebas stres. Yang tak kalah pentingnya adalah relaksasi pikiran. Jauh-jauh hari sebelum hari H persalinan, mental ibu harus siap. Antara lain dengan berfikir positif sambil berdoa agar bisa menjalani persalinan dengan lancar.

2. Teknik Sugesti

Yang dilakukan dalam hypnobirthing adalah teknik menyampaikan sugesti ke dalam pikiran bawah sadar dengan maksud menghilangkan ketakutan akan rasa sakit dan mengganti rasa sakit saat melahirkan dengan persaaan nyaman saat melahirkan.

3. Visualisasi

Metode ini membimbing ibu hamil untuk mendapatkan kenyamanan diri dengan teknik visualisasi atau membayangkan sesuatu. Baik itu tempat, waktu maupun peristiwa-peristiwa yang memicu kenyamanan, kedamaian, kebahagiaan dll. Selain itu juga divisualisasikan goal setting atau tujuan persalinan yang ingin dicapai. Misalnya kondisi pasca persalinan seperti ibu yang sehat, atau anak yang baru lahir dalam kondisi sehat dan selamat.

4. Pain Management Exercise

Latihan mengontrol rasa sakit saat persalinan, karena dalam proses persalinan yang sempurna, rasa sakit sangat penting adanya. Banyak diantara ibu yang merasa bahwa rasa sakit tersebut yang telah mengikatkan kekuatan batin antara ibu dan anak. Pentingnya rasa sakit saat persalinan mengakibatkan kepekaan ibu terhadap anak, yang membuat sang anak merasakan nyaman saat bersama sang ibu.

MENGAPA MENGGUNAKAN HYPNOBIRTHING?

Banyak manfaat yang didapatkan dari Hypnobirthing saat terjadinya persalinan, diantaranya adalah :

1. Memicu ketenangan tubuh dan pikiran bagi ibu hamil

Dengan teknik relaksasi pikiran maka produksi hormon Endorphin dalam tubuh meningkat sehingga mampu mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi. Ketenangan pikiran juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk menghilangkan depresi seperti rasa takut, tegang, dan panik saat persalinan.

2. Menyiapkan kondisi ibu hamil yang prima dan stabil

Kondisi tubuh yang prima sangat dibutuhkan ibu hamil untuk memperlancar proses persalinan dan mengurangi rasa mual, muntah, pusing, atau hambatan-hambatan fisik lainnya. Termasuk juga mengurangi kelelahan yang berlebihan saat persalinan.

3. Memperkuat ikatan batin antara ibu dan bayi

Hypnobirthing membantu memperkuat ikatan emosional (batin) antara ibu dengan bayi dalam kandungan dalam bentuk komunikasi pikiran bawah sadar yang intensif. Komunikasi ini juga amat membantu kelancaran proses persalinan mengingat jika mencapai usia tertentu janin telah memiliki otak dan memori yang telah berfungsi dan dapat diajak berkomunikasi.

PROGRAM HYPNOBIRTHING DIAMOND IN YOU MALANG

1. Program Pra Persalinan

Deskripsi : Yaitu program Hypnobirthing yang hanya melibatkan keaktifan ibu hamil yang dimulai sebelum persalinan atau selama kehamilan. Untuk memulainya bisa sejak usia kandungan memasuki bulan ketiga atau bisa juga dimulai lebih awal tergantung kebutuhan.

Detail program : Terdiri dari dua program

a. Relaksasi

Dalam sesi ini diberikan cara relaksasi atau teknik memasuki kondisi rileks. Relaksasi ini bertujuan agar ibu tidak mengalami ketegangan dan stress saat pra persalinan.

b. Pain Management Exercise

Dalam sesi ini ibu akan dilatih cara mengontrol rasa sakit saat dibutuhkan dan saat rasa sakit itu tidak dibutuhkan serta meminimalisir rasa sakit yang tadinya benar-benar terasa sakit menjadi biasa. Sesi ini juga melatih sang ibu untuk berdialog dengan sang bayi.

Jadwal & Durasi : Sesi yang dibutuhkan program ini minimal sebanyak 5 (lima) kali pertemuan atau disesuaikan dengan kebutuhan. Pelaksanaannya setiap 2 (dua) minggu sekali dengan durasi setiap pertemuan selama  90 menit / 1,5 jam.Jadwal & Durasi : Sesi yang dibutuhkan program ini minimal sebanyak 5 (lima) kali pertemuan atau disesuaikan dengan kebutuhan. Pelaksanaannya setiap 2 (dua) minggu sekali dengan durasi setiap pertemuan selama  90 menit / 1,5 jam.

Keterangan lain :

a. Kedua macam program tersebut dapat dilakukan secara kolektif atau dilakukan secara bersama-sama dengan menyiapkan kelas umum. Atau bisa juga secara personal dengan menyiapkan kelas privat.

b. Sarana penunjang : ruang yang representatif dan nyaman, perangkat audio dan soundsystem, alas duduk peserta (lesehan).

2. Program Pendampingan Persalinan

Deskripsi : Yaitu program khusus hypnobirthing yang melibatkan partisipasi pihak selain ibu hamil. Pihak lain inilah yang akan memandu ibu hamil saat persalinan untuk melakukan hal-hal seperti menenangkan (relaksasi), pengalihan (visualisasi), dan pain management.

Detail program : Terdiri dari dua macam

a. Therapist-Centered

Terapis akan mendampingi ibu saat persalinan berlangsung. Program ini dilakukan secara personal dan homecare.

b. Family-Centered

Dalam program ini peranan terapis diambil alih oleh pihak lain yaitu pendamping ibu hamil yang berasal dari unsur keluarga dekat, seperti suami, ibu, ayah, saudara, anak, dll.

Jadwal & Durasi :

a. Therapist-Centered : program ini bersifat therapeutic procedure karena melibatkan therapist saat persalinan terjadi. Dilaksanakan sesuai kebutuhan dan permintaan klien.

b. Family-Centered : program ini berbentuk workshop 6 (enam) jam yang diikuti oleh ibu hamil dan pendampingnya (suami, orangtua, saudara, anak, atau keluarga dekat lainnya) dengan proporsi materinya mengutamakan praktik, yaitu cara memandu ibu hamil

Info lebih detail, dapat menghubungi kami :
(0341) 475222 , (0341) 475111, (0341) 7780008

0 komentar:

 
Modification and developing by AHM Inspired by Pannasmontata             Powered by    Blogger